DIY Ironing Board

Sebagai seorang craft sewist, terkadang, kita butuh tempat menyetrika sendiri, yang bisa diletakkan dimana saja-terutama di meja craft atau (yang paling sering) di lantai. Waktu mau ngadain workshop Crafternoon tea tempo hari, saya bingung bagaimana menyediakan tempat menyetrika, ibu-ibu jaman dulu (seperti ibu saya) menggunakan tumpukan kain jarik atau sarung, bahkan selimut, yang dilipat dan ditumpuk lumayan tebal agar nyaman menyetrika. Well, I have another idea: membuat sendiri papan setrikaan! which I’m gonna share with you here. 

Alat dan bahan yang disiapkan:

  • Papan bekas
  • Kardus bekas – dipotong sesuai ukuran papan
  • Masking tape atau selotip berukuran besar
  • Cutter dan gunting
  • Pensil dan penggaris
  • Pena kain atau Pilot’s frixion pen
  • Kain katun sprei atau linen
  • Bisban/bias tape dari kain yang digunakan, lebar 6 cm (cara membuat bisban sendiri bisa di-browse di sini)
  • Dakron press atau busa – akhirnya saya memilih menggunakan busa (I will explain why) – dipotong sesuai ukuran papan dan kardus
  • Tali

How to:

Pertama, siapkan papan dan kardus bekas (yang sudah dipotong sesuai ukuran papan) dalam posisi tumpang tindih, amankan dengan masking tape/selotip di setiap sisinya. *Note: sebaiknya, kardus dipotong menggunakan cutter

iron board - 2

Jiplak luas papan-kardus pada kain menggunakan pena kain, tambahkan 5 cm dari ukuran sebenarnya, di keempat sisi. *Nilai 5 cm ini digunakan untuk menyesuaikan tinggi papan-kardus dan jarak jahit (sekitar 1 cm). Agar tetap ada sisa kain, bukan pas. Pastikan melakukan langkah ini sebelum memotong kain.

ORG_DSC02223edit1

ORG_DSC02224edit1

ORG_DSC02226edit1

Potong kain sesuai ukuran yang dibuat, yaitu Luas papan-kardus + 5 cm. Bisban dilipat dua. Bisban diletakkan berhimpitan dengan sisi bagus kain. Jahit bisban pada keempat sisi kain. *Note:  Sebelum dijahitkan, kedua ujung bisban dilipat ke dalam agar tampak rapi dan pinggiran kain tidak terurai. Jarak jahit (seam allowance) sekitar 1 cm atau separuh bilah sepatu jahit seperti pada foto berikut ini. 

ORG_DSC02245edit1

ORG_DSC02231edit1

Sisipkan tali ke dalam salah satu ujung bisban menggunakan peniti sampai menembus ke ujung bisban lainnya. Tambahkan busa pada tumpukan papan-kardus, lalu sarungi dengan kain dan tarik tali erat-erat untuk mengamankan. *Note: posisi busa tepat di bawah kain. Awalnya, saya berniat menggunakan dakron press, tapi pada saat langkah ini, dakron press sangat bulky sehingga kain sulit disarungkan, jadinya malah tidak rapi dan pada saat uji coba untuk menyetrika, sama sekali tidak ada “resistensi” (kurang kaku). 

ORG_DSC02234edit1

DIY Ironing board tampak dari atas. Siap digunakan untuk menyetrika dimana pun, di lantai ataupun di meja craft. Selamat berkreasi yaa teman-teman. Monggo tag saya di sosial media ataupun di blog ini untuk berbagi pengalaman membuat papan setrikaan sendiri. 

ORG_DSC02236edit1

266 total views, 8 views today

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.