Scrap buster : Keychain cover tutorial

As promised di postingan sebelumnya, saya akan menguraikan cara menjahit keychain cover dari kain. Cukup mudah dan teman-teman bisa membuat modifikasi apapun sesuai kreativitas masing-masing. Tentunya, saya akan sangat senang sekali jika teman-teman bersedia berbagi kreativitas di sosial media atau komentar di blog ini.

Saya membuat pola sendiri, tentunya bisa dimodifikasi ukuran dan bentuknya sesuai selera masing-masing ya. Pola yang saya buat ini hanyalah panduan untuk mempermudah dan dipergunakan untuk keperluan pribadi, bukan komersil. 

Oke, mari kita mulai tutorialnya.

Alat dan bahan:

  • Kain untuk outer dan lining; saya menggunakan kain ber-sashiko sebagai outer.
  • Interfacing, saya menggunakan staplek kain berperekat dengan ketebalan sedang/tidak terlalu kaku
  • Peralatan jahit tangan atau mesin jahit, termasuk gunting dan pendedel
  • Pola keychain cover, yang bisa di-download disini, lebih baik jika di-print pada kertas karton 
  • Ring gantungan kunci 
  • Tali dari bahan suede atau kulit, panjang 10 – 15 cm
  • Gunting zig zag (optional)
  • Alat piping/penjepit tali (optional)
  • Manik-manik (optional)

Cara membuat:

  • Gambar pola pada kain outer, lining, dan staplek, jumlahnya sesuai instruksi yang tertera pada pola, yaitu 2 untuk kain outer, 2 lining, dan 2 interfacing/staplek. Lekatkan kedua pola staplek berperekat pada kain outer dengan cara menyetrika. Kemudian gunting sesuai bentuk pola, yaitu lonceng. Jadi pola yang didapatkan adalah dua kain outer ber-staplek dan dua kain lining seperti pada gambar.

Step 2 - interfacing

Step 3 - interfacing

Step 4 - cutting

Step 5 - cutting

  • Tumpuk kain outer RST (right side together), kedua sisi yang bagus (bersashiko) saling berhadapan. Lakukan langkah yang sama untuk kain lining. Kebetulan kedua sisi kain lining yang saya gunakan disini sama saja, jadi tidak masalah mana yang sisi depan/bagus atau belakang yang biasanya lebih buram. 

Step 6 - RST

  • Jahit pinggiran kain outer mengikuti bentuk pola dengan seam allowance (jarak jahit) 0,5 – 1 cm (sama dengan setengah bilah sepatu mesin jahit). Lakukan langkah yang sama untuk kain lining. Sisakan sisi yang lurus di bagian bawah tanpa jahitan. 

Step 7 - sewing

  • Gunting pinggiran yang melengkung menggunakan gunting zig zag, jika tidak memiliki gunting zig zag, bisa memakai gunting biasa dan gunting pinggirannya pendek-pendek tanpa menyentuh jahitan.

Step 8 - edges - outer

Step 9 - edges - lining

  • Pada bagian kain outer, balik kain sehingga sisi yang bagus (ber-sashiko) berada di luar, bisa menggunakan sumpit sebagai alat bantu untuk menyempurnakan sisi yang melengkung. Selipkan ke dalam kain lining menggunakan jari. Jahit mengelilingi bagian bawah pola yang lurus. 

Step 10 - turn RSO

Step 11 - perfecting edges

Step 12 - Slip

Step 13 - slipping

  • Gunakan pendedel untuk membuat lubang sepanjang 3 – 4 cm pada salah satu sisi jahitan (diutamakan pada sisi yang lurus, agar mudah menutupnya nanti). Dan, di bagian atas/puncak sisi yang melengkung sepanjang 0,5 cm untuk memasukkan tali gantung (lakukan langkah ini pada kain lining juga, usahakan panjang lubang pada kain outer dan lining dan sejajar).

Step 16 - make a hole

Step 17 - hole

Step 19 - upper hole

  • Tarik keluar seluruh kain outer melalui lubang samping,  kemudian lubang ditutup menggunakan jahit sembunyi (jahit tangan). 

Step 20 - turn RSO

Step 21 - turning result

Step 22 - hand stitch

  • Posisikan kain outer di luar dan selipkan kain lining di dalamnya. Top stitch (jahit tindas) mengeliling sisi yang lurus. Ikatkan tali pada ring kemudian selipkan tali melalui lubang yang telah dibuat di bagian atas pola. Untuk mempermanis, bisa ditambahkan manik-manik kayu di ujungnya.

Step 23 - slip inside

Step 24 - sewing

Step 25 - install ring

Step 26 -

Step 29 - beads install

Step 28 - ring installed

Result - 1

Selesai. Hasilnya bisa langsung dinikmati (hehe..) dan digunakan untuk menyembunyikan kunci (terutama kunci yang bergerombol). Saat tali ditarik, kunci akan tersembunyi di dalam cover.

Selamat berkreasi.

*Tutorial ini ditujukan untuk pemula, terutama yang ingin belajar menyempurnakan jahitan melengkung menggunakan mesin jahit.

50 total views, 1 views today

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.