Scraps Buster : Petite bows

Petite bows

Hello,

Mohon maaf karena lama absen update blog, melirik pun gak sempat. Tutorial ini sudah saya buat sejak bulan lalu tapi baru sempat menulis, semakin terasa yaa kalo menulis itu merupakan suatu tantangan bagi saya. Potret-potret dan menjahitnya doyan tapi menulisnya segan. Tapi wajib dibiasakan, jangan merasa disusahkan, jadinya begini lah baru upload setelah 1 bulan dibuat dan difoto. hehe…

Dalam seri scraps buster yang lalu, saya menulis tutorial pincushion dari kain perca dikombinasikan dengan sewing illustrations-nya Minki Kim. Kali ini, saya akan menguraikan tutorial membuat pita dari kain perca, tentu saja dengan aksesoris tambahan agar lebih cantik. Pita ini bisa digunakan sebagai bros untuk hijab [just like i did] atau hiasan untuk karet rambut, pokoke multifungsi lah [kehabisan ide..haha].

Oke, kita langsung aja yaa ke tutorialnya. Menjahitnya bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan atau kalau teman-teman sudah punya mesin jahit, bisa diberdayakan. Sesuai pilihan pribadi aja ya, karena cuma butuh jahit lurus dan sedikit aja.

Alat dan Bahan :

  • Peralatan jahit dasar [benang, jarum, gunting kain/rotary cutter]
  • Kain perca
  • Sumpit, kalau bisa yang berujung bulat [optional]
  • Wonder clip [optional]

Cara membuat:

  • Potong kain ukuran 10 x  6 cm sebanyak 2 lembar. Letakkan sisi baik kain saling berhadapan [RST/seperti pada gambar]. Jahit pinggirannya, sisakan sekitar 2 cm tanpa jahitan di salah satu sisinya yang panjang. Balik kain melalui celah tersebut, sehingga sisi baiknya berada di luar. 

Petite bows

  • Gunakan sumpit berujung bulat [atau semacamnya, sesuai pilihan pribadi] untuk menyempurnakan sudut-sudut  kain. Bentuknya menjadi persegi panjang seperti pada gambar. Tutup celah pada kain dengan jahit sembunyi/ladder stitch, teman-teman bisa melihat video tutorialnya di sini.

Petite bows

Petite bows

Petite bows

  • Lipat dua di sisi yang panjang, tepat di tengah-tengah. Jadi, terbagi dua sama besar.

Petite bows

Petite bows

  • Lipat membentuk kipas sampai lebarnya habis. Pastikan ukuran lebarnya seragam. Jepit menggunakan wonder clip untuk mengamankannya.

Petite bows

Petite bows

Petite bows

Petite bows

  • Jahit tangan dari bagian dalam lipatan. Alternatifnya, bisa gunakan lem di setiap lipatan kain. Saya lebih suka menggunakan jahit tangan, karena bisa lebih rapi dan tidak “njendhul” seperti jika pakai lem tembak, mungkin harus memakai lem UHU gitu yaa.

Petite bows

Petite bows

Petite bows

So, you all set! Siap untuk dipercantik menggunakan manik-manik atau diamond, sesuai dengan selera dan kegunaannya. Milik saya jadi bros untuk hijab, beberapa contohnya saya tampilkan di bawah ini, saya suka yang simple.

Petite bows

Petite bows

Gampang banget kan? Mengurangi tumpukan kain perca di rumah sekaligus mendapatkan pita-pita cantik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, plus it’s FREE! Selamat berkreasi. See you next time, kali ini saya tidak bisa menjanjikan kapan bisa update blog lagi. I hope soon, blogging is so fun for me.

 

Love,

momenio.com

203 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *