Installing zipper – Method #1

new zipper

Pada saat baru belajar menjahit dan sama sekali tidak mengerti bagaimana memasang resleting [zipper] , saya mencari tutorialnya di Pinterest dan Youtube, banyak tulisan yang menyebutkan bahwa menjahit resleting adalah sesuatu yang menakutkan bagi crafter, bahkan terkadang dihindari karena seringkali salah atau tidak rapi, istilahnya memasang resleting adalah sesuatu yang membuat kita frustrasi terutama jika masih pemula. 
But, afraid not! Namanya juga baru belajar, wajar kan kalau salah atau tidak rapi karena lama-kelamaan kita akan menemukan “sela” yang akan membuat kita nyaman dan mahir tanpa sadar, inilah yang disebut proses belajar, menurut saya lho

Jadi, untuk teman-teman yang tidak merasa lelah mencoba terus sampai rapi, berikut ini akan saya uraikan tutorial untuk memasang resleting, ini dasarnya jika ingin membuat zipper pouch, misalnya boxy pouch yang biasanya dijadikan wadah menyimpan perlengkapan make up sehari-hari, membuat kantong di dalam tas, atau half-square triangle pouch.

Ada beberapa metode untuk menjahit resleting, tutorial ini adalah Bagian pertama-lanjutannya akan saya posting kemudian, harap bersabar yaa, karena proses kreatif untuk membuat tutorial lumayan panjang. I always do my best and trying to present the best for you

Basic sewing – Zipper tab

Zipper tab adalah “sayap” tambahan di kedua ujung resleting.

Sayap ini dibutuhkan jika kita ingin memanjangkan atau merapikan resleting. Kalau teman-teman sudah familiar dengan resleting, biasanya ada ujung resleting yang benangnya terurai, ini kan kadang mengganggu pemandangan, nah zipper tab ini bisa digunakan untuk merapikan. Dan kalau panjang resleting yang kita miliki tidak sesuai/kurang dengan panjang kain, dibutuhkan semacam ekstensi [seperti pada rambut, hehe] atau sayap agar panjangnya pas.

Ada berbagai macam cara untuk membuat zipper tab, yang akan saya uraikan di sini adalah metode yang menurut saya paling rapi diantara metode-mudah lainnya, dan  sudah saya kuasai jadi bisa berbagi “sela” nya. 

This is why we learn so hard, so we can pass it on to others. Who’s with me

Langkah-langkah membuat dan menjahit zipper tab:

  • Kita membutuhkan sepotong kain, setrika dilipat menjadi dua, lalu dilipat lagi ke dalam di kedua belah sisinya sehingga diperoleh 2 lipatan selebar 1 cm . Ukuran kain bisa disesuaikan dengan selisih panjang resleting yang dibutuhkan [jika panjang resleting kurang], dan jika untuk merapikan ujung-ujung resleting, saya biasanya menggunakan ukuran panjang x lebar = 4 x 2 cm. Buat dua potong untuk kedua ujung resleting. *Lipatannya bisa dilihat pada foto di bawah yaa.

Sewing tips #1. Untuk mempermudah menjahit zipper tab [menggunakan mesin jahit], saya biasanya melebihkan lebarnya [> 2 cm]. Panjangnya tetap sama [1 cm, jika dilipat].

Photo 12-27-16, 1 19 16 PM

Photo 12-27-16, 1 19 33 PM

Photo 12-27-16, 1 19 45 PM

  • Sekarang kita sudah punya calon “sayap”-nya, ada 2. Potong kedua ujung resleting untuk merapikannya, sekitar 1/2 cm dari batas jepit-besinya. Letakkan resleting di tengah-tengah lipatan tersebut. Amankan posisinya dengan jarum pentul.

Photo 12-27-16, 1 21 54 PM

Photo 12-27-16, 1 23 52 PM

Photo 12-27-16, 1 24 39 PM

  • Potong kelebihan lebar kain di kedua ujung resleting, sesuaikan dengan lebar resleting. And zipper tab done

Photo 12-27-16, 1 52 21 PM

Photo 12-27-16, 1 53 01 PM

Basic sewing – Installing Zipper, Method #1

  • Letakkan resleting dalam posisi bagian kepala resleting menghadap ke arah sisi bagus kain. Pastikan pinggiran kain sejajar dengan pinggiran resleting. Amankan posisinya dengan wonder clip atau jarum pentul atau baste stitch [jahit jelujur sementara].

Photo 12-27-16, 11 00 08 AM

Photo 12-27-16, 2 02 40 PM

  • Jahit pada mesin, menggunakan sepatu resleting [zipper foot]. Perlu dicatat bahwa, zipper foot yang ada dalam foto saya ini adalah zipper foot bawaan dari mesin jahit Janome, silahkan gunakan zipper foot yang disediakan oleh mesin jahit teman-teman yaa, tidak harus sama modelnya seperti ini karena model zipper foot pun ada beberapa macam.

Sewing tips #2. Pastikan pinggiran zipper foot sejajar dengan pinggiran kain dan resleting. Ini adalah jarak standar yang sering saya gunakan, agar lebih yakin bahwa resleting posisinya lurus dan terjahit dengan rapi. 

Photo 12-27-16, 2 07 05 PM

  •  Pastikan jahitan lurus. Dan selesai, hasilnya bisa dilihat di bawah ini. Tutup dengan jahit tindas, jika kain lining telah terpasang juga. Lakukan langkah ini sekali lagi untuk sisi resleting sebelahnya.

Photo 12-27-16, 2 38 40 PM

Photo 12-27-16, 2 43 43 PM

Sewing tips #3. Jika ingin membubuhkan ring D atau pengait lainnya, dapat dilakukan setelah kedua sisi kain terpasang dan telah dijahit tindas bersama kain lining-nya.

Photo 12-27-16, 3 12 22 PM

Demikian tutorial kali ini tentang dasar menjahit resleting bagian pertama. Pada kesempatan lainnya, saya akan menguraikan metode kedua untuk menjahit resleting. Ditunggu yaa… ^.^

Terima kasih sudah berkunjung, post your comments below if you have any questions.

Happy sewing #sewtherapy #momenio

PS: I’m sorry, photos in older posts this blog are still disabled, I don’t have much time to fix it, but I’m working on it manually. Feel free to visit my old blog: momenio.blogspot.co.id for the missing pictures. 

momenio.com

575 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *